header-int

Peresmian Gedung Universitas Muara Bungo, Ketua Yayasan: Masa Depan Lulusan Harus Dipikirkan

Rabu, 15 Mei 2024, 17:51:07 WIB - 261 View
Share
Peresmian Gedung Universitas Muara Bungo, Ketua Yayasan: Masa Depan Lulusan Harus Dipikirkan

Bungo - Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo (YPMMB) meresmikan gedung baru Kampus Universitas Muara Bungo (UMB), Sungai Binjai, Kabupaten Bungo Rabu (15/5/2024).

Dalam acara ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Drs. H. Zulfikar Ahmad, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintahan Provinsi Jambi Husairi, Bupati Bungo H. Masuri. SP., ME, Ketua YPMMB H. Andriansyah. SE., Msi, Rektorat, Wakil Ketua 1 DPRD Bungo dan Ketua Alumni UMB Jumiwan Aguza. SM., MM, Forkompinda, beserta Tamu Undangan Lain nya.

Pada sambutannya, Bupati Bungo mengucapkan rasa syukur atas tercapainya cita-cita civitas akademika UMB untuk membangun gedung Kampus tersebut.

"Kita mengucapkan rasa syukur bahwa di hari ulang tahun Pembina Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo yang juga orang tua kita semua Bapak H. Zulfikar Achmad, kita bisa melaksanakan peresmian gedung Universitas Muara Bungo. Ini adalah wujud dari kerja keras yang tidak sebentar untuk menuju kemajuan sarana dan prasaran Kampus UMB," imbuhnya.

H. Mashuri mengatakan bahwa keberadaan UMB tidak hanya sebagai kampus biasa, melainkan akan menjadi kampus terbaik diantara kampus-kampus lain yang berkembang. Khususnya bidang ilmu pengetahuan.

Disamping itu Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Pemerintahan Provinsi Jambi, Husairi menyampaikan permintaan maaf karena ketidakhadiran Gubernur Jambi dan memberikan ucapan selamat atas peresmian gedung baru Kampus UMB di Sungai Binjai.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jambi menyampaikan permohonan maaf ketidakhadiran Gubernur karena halangan dan memberikan selamat kepada segenap keluarga besar civitas akademika UMB atas diresmikannya gedung baru yang tentunya akan menjadi Universitas yang maju. Semoga UMB menjadi lokomotif lompatan kemajuan bagi lembaga pendidikan tinggi swasta di daerah Jambi," kata Husairi.

Ketua Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo, H. Andriansyah pada saat diwawancarai di ruangannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bungo yang telah turut serta memberikan berbagai bantuan untuk menyelesaikan gedung Kampus Universitas Muara Bungo. Ia juga berharap UMB terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan untuk masyarakat. 

"Seperti pada sambutan saya tadi, sebenarnya ada masalah yang kompleks Bangsa ini, dan permasalahan tersebut juga berimbas ke daerah-daerah. Cita-cita kita Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo adalah terus bisa mencapai kualitas Pendidikan yang baik untuk mencetak lulusan yang dipersiapkan untuk mengabdi pada daerah ini. Pertanyaannya, apakah selama ini kita sudah berpikir mereka-mereka para lulusan ini nanri akan mendapatkan kesempatan itu sebaik prestasi yang diraih mereka selama dibangku kuliah?", Ujar Andriansyah.

Menurut Andriansyah, rendahnya serapan lulusan sarjana di Bungo diakibatkan belum adanya solusi dari Pemerintah untuk menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuan para lulusan Sarjana di Kabupaten Bungo.

"Sebagai, lokomotif kemajuan pendidikan, Perguruan Tinggi apapun, Universitas apapun, Institut apapun tidak boleh hanya bangga pada gedungnya. Atau berpuas diri karena banyaknya tersedia bidang ilmu pengetahuan dan teknologinya. Tetapi kita lupa bahwa di tempat mereka tinggal, para lulusan sarjana ini tidak mendapat kesempatan mengabdi dengan segala pengetahuan dan prestasinya disebabkan pemangku kebijakan di daerah tidak mampu memberikan lapangan pekerjaan dan memperoleh kehidupan yang layak sesuai yang diamanatkan Undang-Undang," Pungkasnya.

UMB Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bungo yang diprakarsai oleh Bupati Bungo Bapak H. Zulfikar Achmad untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin dengan upaya menanggulangi krisis bidang ekonomi, politik, hukum, agama dan sosial budaya. Universitas Muara Bungo dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi untuk mengantisipasi pergeseran paradigma pengembangan yang semula berbasis inti (Content-Bases) menjadi berbasis kompetensi (Competence-Bases) dengan menitikberatkan terwujudnya sinergi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan Universitas Muara Bungo memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi.
© 2024 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook ig Linked Youtube