header-int

SIDANG SKRIPSI, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUARA BUNGO MILIKI ALUMNI SARJANA HUKUM DUA ANGKATAN

Selasa, 08 Apr 2023, 14:32:54 WIB - 185 View
Share
SIDANG SKRIPSI, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUARA BUNGO MILIKI ALUMNI SARJANA HUKUM DUA ANGKATAN

BUNGO, Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo melaksanakan ujian akhir skripsi mahasiswa tahun ini. Hingga Jumat 6 April 2023 lalu, sidang skripsi yang dimulai sejak akhir Maret 2023 ini masih terus berjalan. Bertempat di Kampus Dua UMB, jalan Diponegoro, Kelurahan Cadika. Meski dilakukan bertahap selama bulan puasa, aktivitas sidang tetap mengutamakan tata tertib. Mahasiswa berpakaian rapi dan menggunakan jas almamater kampus saat menjalani sidang.

Berdasarkan pantauan tim Akademika News, Peserta sidang skripsi diikuti seluruh mahasiswa tingkat akhir Prodi Hukum meliputi angkatan 2018 berjumlah delapan belas mahasiswa. Sebagian mahasiswa fakultas hukum angkatan 2019 berjumlah dua puluh dua mahasiswa sedang dalam tahap seminar proposal dan bimbingan. Namun, ada beberapa mahasiswa angkatan 2019 yang telah mengikuti ujian sidang akhir sejak seminar proposal selesai dilakukan pada Januari 2023. Mahasiswa angkatan kedua tersebut telah melakukan bimbingan skripsi hingga penelitian selama dua bulan pada Maret 2023 lalu. 

Dekan Fakultas Hukum, Nirmala, M.H ketika dikonfirmasi mengatakan ada sekitar lima orang mahasiswa angkatan 2019 yang mengikuti sidang skripsi saat ini.

"Beberapa mahasiswa kita angkatan 2018 ada sekitar delapan orang yang mengikuti sidang skripsi. Untuk angkatan 2019 juga sudah ada yang menjalani sidang skripsi seperti Marjohan, Rifai, Darwandi. Mereka sudah bimbingan dari bulan Januari, mulai seminar proposal, lanjut bimbingan skripsi, lalu melaksanakan penelitian. Selama kurun waktu dua bulan dari mereka seminar proposal hingga sidang skripsi pada Maret kemarin" Ujar Nirmala.

Nirmala menjelaskan bahwa tidak ada desakan dari pihak fakultas hukum kepada mahasiswa untuk segera menjalankan ujian skripsi tersebut. Bagi mahasiswa yang telah siap sidang dipersilahkan langsung mengikuti ujian sidang skripsi, khususnya bagi mahasiswa yang berlatar belakang praktisi politik.

"Kita tidak mendesak mahasiswa, jadi bagi mahasiswa yang siap saja untuk mengikuti sidang. Bagi yang belum siap tidak apa-apa, dipersilahkan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Rektor juga sudah menginstruksikan bahwa mahasiswa yang siap dan sudah melalui proses bimbingan sampai disetujui pembimbing diperbolehkan maju untuk sidang skripsi". Tambahnya

Sejak berdirinya fakultas hukum Universitas Muara Bungo, sidang skripsi yang diikuti oleh mahasiswa dua angkatan tersebut menjadi kebanggaan bagi seluruh unsur di lingkungan kampus. Sidang skripsi perdana fakultas hukum UMB ini, tentu akan menjadi agregat penilaian sebab telah menamatkan para mahasiswanya bergelar sarjana hukum dalam tahun ini. Sudah barang tentu menjadi nilai baik di tingkat lokal maupun provinsi sejalan dengan akreditasi yang diraih fakultas hukum itu sendiri saat ini.

"Kita bersyukur, bahwasanya dengan adanya alumni angkatan pertama dan kedua nanti bisa bermanfaat untuk fakultas hukum itu sendiri, dimana akan ada reakreditasi ke depannya. Kita sudah dapat melampirkan data alumni di borang akreditasi nanti, di mana akan ada pelacakan seperti berapa jumlah alumni kita dan berapa yang sudah terserap dalam dunia pekerjaan, kita dapat menjabarkannya dan itu poinnya tinggi hingga mencapai seratus. Selain itu juga kita ingin mahasiswa kita tamat tepat waktu" Jelas Nirmala lagi.

Selaku Dekan Fakultas Hukum, Nirmala berharap dari disidangkannya mahasiswa fakultas hukum angkatan pertama dan kedua ini, para alumni FH UMB dapat menggunakan gelar sarjana hukum dalam meniti karir mereka kedepannya.

"Saya berharap dari disidangkan mahasiswa kita dari angkatan pertama dan kedua, para alumni ini nanti bisa memanfaatkan gelar sarjana hukumnya untuk kesuksesan mereka masing-masing. Khususnya di kelas reguler mandiri, mereka telah memiliki pekerjaan tetap, semoga mereka memanfaatkan gelar sarjana hukum di pekerjaan mereka. Dan mungkin ada juga yang ingin memanfaatkan untuk calon legislatif, advokat, jadi ketika mereka telah sidang skripsi dan mendapatkan surat keterangan lulus, mereka bisa mengikuti test atau menjadi syarat pekerjaan" Imbuh Nirmala.

UMB Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bungo yang diprakarsai oleh Bupati Bungo Bapak H. Zulfikar Achmad untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin dengan upaya menanggulangi krisis bidang ekonomi, politik, hukum, agama dan sosial budaya. Universitas Muara Bungo dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi untuk mengantisipasi pergeseran paradigma pengembangan yang semula berbasis inti (Content-Bases) menjadi berbasis kompetensi (Competence-Bases) dengan menitikberatkan terwujudnya sinergi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan Universitas Muara Bungo memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi.
© 2023 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook ig Linked Youtube