header-int

Universitas Muara Bungo Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H

Kamis, 15 Feb 2024, 12:19:28 WIB - 486 View
Share
Universitas Muara Bungo Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H

Bungo, universitasmuarabungo.ac.id - Civitas akademika Universitas Muara Bungo (UMB) gelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Selasa (13/02/2024).
Dilaksanakan di Aula Rektorat, peringatan Isra Mi'raj ini dihadiri keluarga besar civitas akademika Universitas Muara Bungo diantaranya dekan, ketua prodi, dosen, staf serta mahasiswa lingkungan kampus UMB. Dihadiri pengurus harian Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo, Ahsan Jani, S.Ag, Rektor UMB, Dr. Ir. Supriyono, MP, Wakil Rektor 1 Subagiono, SP.,MP, Wakil Rektor 2, Eryasi Daryati, SE.,M.Si, Wakil Rektor 3, Dr. H. Khairun A Roni, SE.,MM.


Peringatan Isra Mi'raj yang dimulai ada pukul 09.00 WIB ini mendatangkan Ustadz Dr. Abdulludin, M.PdI sebagai penceramah.


Dalam sambutan Rektor UMB, Dr. Ir. Supriyono, SP., MP mengatakan Peringatan Isra Mi’raj merupakan upaya untuk memperdalam pengetahuan dalam meneladani Nabi Muhammad SAW dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.


“Peringatan Isra Mi’raj merupakan upaya untuk memperdalam pengetahuan dalam meneladani Nabi Muhammad SAW dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kita, meningkatkan ketakwaan, dan menjadi pengingat bagi kita untuk selalu beribadah,” kata Dr. Ir. Supriyono.


Acara dilanjutkan dengan ceramah Ustadz Dr. Abdulludin, M.Pd.I. Sebagai universitas di Kabupaten Bungo, ia mengungkapkan UMB merupakan tempat yang dibutuhkan untuk menimba pengetahuan karena ilmu pengetahuan dikaji mendalam di perguruan tinggi. Hal ini mengingatkan tingginya kedudukan ilmu sebagaimana Allah SWT memerintahkan para nabi untuk menyampaikan ilmu kepada umatnya.


“Nabi Muhammad Saw tidak hanya sebagai pemimpin dan figur spiritual, namun juga seorang guru. Nabi Muhammad Saw juga adalah dosen dan pendidik ideal membimbing manusia menuju kemandirian, kecerdasan berpikir bahkan kebahagiaan. Pada zamannya metode pembelajaran itu sudah lebih dulu diterapkan oleh Rasulullah Saw kepada para sahabat”, Sampai Ustadz Abdulludin.


Ceramah yang mendalam dibawa oleh Ustadz Abdulludin begitu menarik perhatian keluarga besar civitas akademika UMB. Sesekali Ustadz juga melemparkan pertanyaan kepada pendengar dengan diiringi canda. Terlihat juga dosen dan staf mendapat kesempatan untuk bertanya kepada penceramah.


Topik yang dibahas pada ceramah itupun mendetail serta beragam yang berpusat pada pengetahuan, keluarga dan ibadah.

Usai ceramah Isra Mi'raj, kegiatan dilanjutkan dengan agenda silaturahmi dan temu rutin rektorat beserta jajaran staf lingkungan UMB dengan pembahasan bidang akademik, kepegawaian serta kemahasiswaan. (Humas)

UMB Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bungo yang diprakarsai oleh Bupati Bungo Bapak H. Zulfikar Achmad untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin dengan upaya menanggulangi krisis bidang ekonomi, politik, hukum, agama dan sosial budaya. Universitas Muara Bungo dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi untuk mengantisipasi pergeseran paradigma pengembangan yang semula berbasis inti (Content-Bases) menjadi berbasis kompetensi (Competence-Bases) dengan menitikberatkan terwujudnya sinergi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan Universitas Muara Bungo memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi.
© 2024 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook ig Linked Youtube